Rabu, 04 April 2012

Pre-Sixteen

Haiiiiii…. I’m back. Nggak bisa nih ngatur jadwal buat ngepost. Maunya seminggu sekali –minimal. Tapi yang gini nih kalo ngantuk sudah menjadi raja diantara para raja. Oyaaaa… happy April Fool everybody. Telat ya akunya.
Love April much. Ya.. taukan nama aku April dan aku lahir dibulan April. Jangan bilang kalian nggak tau. Eh, dulu sih ada yang nanya aku gini : “Ulang tahunmu bulan apa dek?” Oh My Goodness. Kurang jelas nih sama nama aku. Perlu di perjelas dengan ganti naman : Aku Lahir Di Bulan April. Oke. Nggak usahlah dipasang inisial. Kasian. (ehm maaf…)
Dulu juga sempet kesel karena banyak yang bilang gini : Namanya Aprilia ya? Pasti lahirnya bulan Mei?. Aku jangan gini aja : Nggak pak, lahirnya bulan Januari kok. Jadi kangen sama guru SD.

Kesini-kesininya sih ya enakan aja. Nama kan doa. Semoga nama April juga menjadi harapan bagi orang tuaku (mencoba bijak). Iseng-iseng baca buku arti nama milik mbakku. Kepikiran nyari namaku. Yang artinya cukup mengejutkan. April : Wanita Musim Semi.
Yuhuuuu…. Feel like flower. Beautiful, fragrant, and elegant. Ya Allah ini kenapa aku banget. Oke! Sepertinya banyak protes dan cibiran. Kita kupas satu-satu kalo kalian nggak percaya.

Beautiful : hei.. I’m a girl. So, OF COURSE I’m beautiful. Don’t be envy girls. Kamu kira aku blasteran cowok-cewek yang nggak pantas dibilang cantik. Meski kadang-kadang kelakuanku yang diluar nalar cewek. Sesungguhnya itu hanya kesalahan pemgraman saja. Tapi setidaknya aku ini cewek. Alhamdulillah cewek tulen, literally.
Fragrant : aku nggak wangi? Perasaan aku mandi setiap hari. Ya sih jamnya ngaret. Kadang cuma sekali. Setidakny aku wangi. Dan kalo kalian mencium bau badan yang nggak enak dari aku, sebenarnya itu kesalahan pada hidung anda bukan badan saya. Sekian. Terimakasih.
Elegant : kan elegant nggak perlu didefinisikan dengan pakai rok dan sepatu setinggi penggaris. Elegant kan terpancar dari diri seseorang. Emang masalah kalo aku jalan kayak PKL dikejar SALPO PP, kalo naik tangga langsung dua tangga sekaligus, kalo duduk kakinya diangkat, nggak pernah kalo nggak bergerak heboh. Nggak ada tuh yang menyinggung soal itu. Elegan itu sudah ada diri orang. Semua mempunyai titik ke eleganan masing-masing.
Pas kan? Memang nama adalah doa. Dan Alhamdulillah doa ayah bunda terkabul. Belum semua setidaknya kan sudah. Allah baik, selalu memberikan segalanya sesuai waktunya. Aku memang baru diberi ‘cantik’ beberapa tahun kemudian mungkin aku diberi ‘lebih cantik’. Who’s know?
Oke! Kayaknya dari tadi, aku selalu menyangkal semua tuduhan k**arat. Hoho…
Di bulan April ini sangat special. Lebih special dari martabak isi apapun. Kenapa? Helloooo? Masih nanya dari tadi kamu baca apa? April? Iya April. Bulan dimana aku tambah umur (tepatnya kurang umur). Apa perlu aku tegaskan.

Aku ulang tahun tanggal 10 APRIL. Kurang jelas? 10 APRIL. Itu berarti minggu depan. Nggak nyangka ya aku udah mau 16 tahun aja. Gadis 16 tahun yang masih takut nyebrang, gadis 16 tahun yang susah disuruh mandi, gadis 16 tahun yang nggak suka pelajaran fisika, gadis 16 tahun yang hobi tidur, gadis 16 tahun yang nggak bisa move on dan hanya bisa move back, gadis 16 tahun yang gampang emosi, gadis 16 tahun yang suka speechless sendiri, gadis 16 tahun yang omongannya sangat kasar dan sangat menyakitkan, gadis 16 tahun yang sering membangkang sama ortu, gadis 16 tahun yang hobi pasang wallpaper pakai fotonya itu, gadis 16 tahun yang punya bergudang-gudang mimpi.
Dan apa? Gadis 16 tahun yang hanya mempunyai satu keahlian (dan nggak tau itu apa) dan bertriliun kekurangnya.

Kurang deh umur aku. Dan makin sebentar aku disini. Besok, lusa, atau beberapa detik lagi aku sudah nggak bisa ngerasaan yang namanya menjadi gadis 16 tahun. Tertidur pulas dengan gaun panjang cantik menutupi seluruh tubuh. Diantara orang-orang yang berpakaian hitam dengan tatapan tertunduk. (berharap) aku tersenyum, menyambut tangisan mereka.
Dunia cepet banget ya. Kayaknya baru kemaren aku tidur siang dibangunin eyang. Dan sekarang eyang udah tenang disana, mungkin nanti aku. Kalo dibilang siap apa nggak, aku jelas ngomong NGGAK SIAP! Amal? Aku sering telat sholat malam kadang sampai nggak sholat gara-gara ketiduran dan aku tunda-tunda. Jarang baca Al-Quran, suka gossip, suka melihat orang lain menderita, suka iri, pesimis. Dan bertriliun kejelekan yang nggak semuanya bisa dijelasin dengan kata-kata.
Aku takut. Takut banget. Ingin banget kembali ke April-Lia yang dulu. Yang rajin, ramah, manis, polos, pendiam dan patuh. Waktu terjalan dan mengubahku. Atau aku yang mengubah diriku sendiri. Aku hanya berharap menjadi yang terbaik untuk diriku. Aku nggak mau menjadi yang terbaik diantara mereka. Toh, pasti akan ada yang lebih baik lagi.
Sekarang diumurku yang (hampir) 16, aku sangat berharap aku bisa mengubah perilaku burukku, menumbuhkan perilaku baikku. Dan terus tersenyum menghadapi semua ini. Hai! Life must go on 


P.S : Aku minta maaf kepada semua yang telah aku sakit dan akan ku sakit. Maaf banget kadang semua yang aku lakukan diluar kendali. Itu sisi diriku yang lain. Maaf…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Write your words ^^