Rabu, 12 Juli 2017

Kelakukan Orang Indonesia

Buang sampah sembarang
"Dasar orang Indonesia"
Nyela antrian
"Dasar orang Indonesia"
Ada yang ngomong kasar
"Dasar orang Indonesia"

Mungkin kalimat itu sering terdengar oleh beberapa orang yang melihat kelakukan kurang bersahaja di sekitarnya. Jujur, aku heran bukannya yang ngomong kata-kata itu orang Indonesia? Aku juga kurang sreg dengan mengolongkan semua orang Indonesia melakukan hal-hal tersebut. Padahal itu hanya oknum-oknum. Nggak semua orang Indonesia kayak gitu kok. Banyak yang baik. Banyak yang taat aturan.


Aku mengedukasi diriku sendiri bila aku nggak suka melihat seseorang melakukan hal tersebut aku juga mengajarkan diriku untuk tidak melakukan hal tersebut.
Anggaplah, aku nggak suka kalo lagi antri toilet di sela. Iya, siapa yang mau udah dipucuk terus ada orang seenak jidat nyerobot antrian. Makanya, aku belajar buat sebisa mungkin menaatin peraturan dengan tidak menyerobot antrian.

Jika aku nggak suka melihat tempat umum kumuh dan terlihat menjijikan. Aku sebisa mungkin membuang sampah pada tempatnya. Kalaupun tidak ada tempat sampah ya minimal aku keep dulu di tas atau dimana bila ketemu tempat sampah baru di buang. susah sih kalo bagian ini tapi ya siapa lagi kalo bukan kita.

Yah, daripada kita berkoar-koar nggak jelas di sosial media tentang kelakukan 'orang Indonesia' kenapa nggak semua berasal dari kita sendiri. Dengan berkata kasar dan mencaci maki kelakukan 'orang Indonesia' nggak akan membuat orang-orang tersebut jera dan berubah dengan seiring waktu.

Daripada menghabiskan energimu dengan hal-hal yang negatif bukannya kita lebih baik melakukan hal-hal lebih positif dan lebih berfaedah. Seperti belajar tidak melakukan kelakukan 'orang Indonesia' dan melakukan hal-hal yang dia ingin lihat di kalangan 'orang Indonesia'. Menurutku itu lebih baik dan semakin banyak orang sadar diri untuk melakukan hal-hal baik kan menular ke lingkungan sekitar.

Analoginya, katanya 'orang Indonesia' suka membuang sampah sembarang. Akan ada mindset orang-orang ikut membuang sampah sembarang karena di dalam pikiran mereka "Yaudah sih yang lain juga gitu kok." "Kan orang Indonesia ciri khasnya gitu kenapa nggak aku ikutan." sepuluh orang berpikir seperti itu kemudian ditularkan ke orang-orang lain dengan embel-embel "Kelakukan orang Indonesia"

Sebenarnya kita menjadi jelek karena mindset kita yang sudah negatif duluan. Mungkin memulai dari sendiri untuk melakukan 'kelakukan orang Indonesia' akan membawa dampak baik. Karena menyuruh orang itu susah lebih susah lagi memberi contoh tanpa maksud menggurui.

Belajar buat antri.
Belajar buat tidak berdiri bergerombol di depan ekselator.
Belajar mendahulukan orang-orang yang keluar dari kereta, bus atau lift.
Belajar mematikan rokok sebelum membuangnya sembarang.

Hal-hal simple yang jika dilakukan rutin akan menjadi hal yang besar suatu nanti. Berawal dari diri sendiri akan lebih susah daripada terus berkomentar tentang 'kelakukan orang Indonesia'



April


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Write your words ^^